Senin, 18 Desember 2017

OLAHRAGA HARIAN


CERDIK BERAKTIVITAS = OLAHRAGA

Pada umumnya yang membuat orang gagal membuat olahraga sebagai gaya hidup adalah karena pandangan bahwa olahraga sama dengan kerja berat. Oleh karena itu banyak orang yang tak cukup sabar dan tahan melakukannya secara rutin selain itu juga memakan banyak waktu. Tidak mengherankan jika ibu rumah tangga maupun pekerja yang telah bekerja semakin segan berolahraga karena tidak memiliki waktu.
Padahal ada bentuk latihan fisik yang dapat membuat kita tetap sehat tanpa harus meluangkan waktu khusus untuk berolahraga. Ini dapat kita lakukan sambil menjalani kegiatan rutin sehari-hari.
Tahukah bahwa semua aktivitas fisik kita, semua gerakan yang biasa kita lakukan setiap hari sebenarnya bisa menjadi olahraga. Aktivitas sehari-hari yang melibatkan fisik misalnya membeber sih kain rumah, berkebun, mendorong kereta bayi, mencuci pakaian, dan mencuci mobil. Semua tugas rutin ini biasa kita lakukan setiap hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari secara teratur dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup kita.
Sebuah artikel dalam Journal of American Medical Association (JAMA) melaporkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan teratur mempunyai efek :
️ menurunkan berat badan
️ menyehatkan jantung
️ meningkatkan kesabaran
️ menyehatkan tulang, otot, sendi
️ menambah energi
️ meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres
️ membuat perasaan dan suasana hati menjadi lebih baik
️ membuat tidur lebih nyenyak

Dan manfaat jangka panjang dari aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat mencegah gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes, hipertensi, kanker, kolestrol.






Sumber : majalah Bunda dan Balita 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar